KULINER

Hehe.. sapa si yang ga butuh makan? Semua orang bekerja keras, banting tulang siang malam untuk membeli beras, untuk makannn.. nah di halaman ini kita akan membahas jenis makanan yang enak :p dilengkapi dengan resep dan cara memasaknya, berikut diantaranya:

1. Omlet Intel (Indomie Telur)
    Nah, buat anak kost nih biasanya mie instant jadi favorite karena harganya murah n banyak macam rasanya: ada rasa soto, ada rasa ayam bawang, ada kari ayam dll dengan modal 1 atau 2 lembar uang ribuan udah bisa nyicipi soto dengan modal sebungkus mie dan 1 butir telur dan sedikit bahan dapur (kalo ada..) bahan n cara masaknya:



Bahan:
Mie instan 1 bh direbus sisihkan
Telur kocok 2 bh
Cabe merah besar 1 bh buang biji iris bulat tipis
Bawang merah 2 bh iris tipis

Cara membuat:
  • Campur mie instan rebus dengan kocokan telur tambahkan bumbu mie instan kocok rata.
  • Tumis bawang merah dan cabe besar sampai kekuning-kuningan, masukan kedalam kocokan telur mie
  • Panaskan minyak diwajan dengan api sedang-kecil lalu masuka telur mie ini ratakan, goreng matang satu sisi lalu dibalikan ke sisi lainnya, masak sampai matang.
  • Hidangkan dengan sambal saus sambal atau saus tomat.

    Selesai.. gampang kan??
    kita mulai yang gampang-gampang aja dulu..
    next.. kita bikin Bubur Sumsum. 

    Bubur Sumsum
    Bubur ini kalo sudah jadi keliatanya susah n ribet banget cara masaknya, padahal aku bikin bubur ini cuma pake rice cooker didalam kamar kost! 
    ganti-gantian, setelah rebus air gula baru deh bikin buburnya, nih cara lengkapnya:

    Resep Bahan Bubur Sumsum :
  • 100 gram tepung beras
  • 1/2 sendok teh garam
  • 650 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 3 lembar daun pandan, sobek-sobek, buat simpul
Resep Bahan Sirup Gula Merah/Kinca Bubur Sumsum:
  • 200 gram gula merah, diiris halus
  • 2 lembar daun pandan, buat simpul
  • 100 ml air  
    Cara Membuat Bubur Sumsum :
  • Sirup gula merah/kinca : campur semua bahan sirup, rebus hingga kental, saring. Sisihkan.
  • Campur tepung dan garam dengan sebagian santan.
  • Dengan api sedang (kalau punya kompor) bisa dimasak dalam rice cooker  sambil diaduk-aduk,terus (jangan ditinggal) didihkan sisa santan dengan daun pandan. Tuangkan cairan tepung, aduk sampai kental dan matang.
  • Hidangkan dengan sirup gula merah secukupnya. 
  •  
    Biar ga seret kebanyakan makan, sekarang kita bikin minumanya ya
    ESKAMER (Es Kacang Merah)
     Bahan-Bahan Es Kacang Merah Yang Diperlukan Antara Lain :
    1. kacang merah yang direndang sekitar 3 jam = 200 gram
    2. daun pandan di sobek-sobek = 2 helai
    3. gula batu = 150 gram
    4. es batu = secukupnya
    5. Garam = seperempat sendok teh
    6. Air = 1000 mililiter
    B. Bahan-Bahan Untuk Santan Es Kacang Merah :
    1. Santan yang kental = 150 ml
    2. daun pandan di sobek-sobek = 1 helai
    3. tepung maizena yang larut dalam sedikit ait = setengah sendok teh
    C. Panduan Cara Memasak Es Kacang Merah Secara Bertahap Yaitu :
    1. kacang merah, daun pandan serta gula batu direbus dalam air hingga mendidih.
    2. Api kompor dikecilkan hingga kacang merah menjadi matang dan lunak dan kemudian diangkat.
    3. Buat santan es kacang merah dengan jalan merebus daun pandan dengan santan hingga mendidih.
    4. Masukkan larutan tepung maizena sampai kental.
    5. Untuk menghidangkannya, masukan kacang merah ke wadah gelas, cangkir, mangkok, dsb. Masukkan es yang diserut dan kemudian tuangkan santan.


    Gampang kan?? Silahkan dicoba..
    Resep berikutnya

    Manisan
    Cewe-cewe yang ngekost di sebelah emang manis-manis.. lebih manis lagi kalo sambil makan manisan hehe ga nyambung yah. tapi suka manisan kan? resep berikut ini bisa digunakan untuk berbagai macam buah-buahan tapi yang kupraktekan ini manisan mangga, ni caranya:


    Resep Bahan Manisan Mangga Pedas :
    • mangga yang masih mengkal 1000 gram, iris-iris
    • gula pasir 350 gramya?
    • air 200 ml
    • garam 1/2 sendok teh
    • cabe rawit 8 buah, iris-iris
    • pewarna kuning tua secukupnya
    Cara Membuat Manisan Mangga Pedas :
    1. Kupas mangga, potong-potong
    2. Rebus gula, air, garam, cabe rawit dan pewarna hingga mendidih. Angkat.
    3. Diamkan air gula hingga agak hangat. Masukkan mangga, diamkan dingin.
    4. Siapkan wadah yang bersih dan kering. Masukkan mangga bersama air dan gula.
    5. Simpan dalam lemari es minimal selama sehari sebelum disajikan.
    6.  
      Selanjutnya kita bikin masakan yang lebih enak hehe, Udang PETE!! yup, ada udang dibalik pete,, pada ga suka pete ya? padahal pete tu enak lho, ga percaya? coba deh praktekan resep berikut ini:
       
      Udang Pete 
       Bahan:     
      * 750 gram udang, buang kepalanya     
      * 3 papan petai, kupas bersih     
      * 10 butir bawang merah, iris halus   
      * 4 siung bawang putih, iris halus     
      * 2 sdm cabai merah giling     
      * 2 buah tomat, cincang halus     
      * 3 lembar daun salam     
      * 6 sdm minyak goreng     
      * garam halus secukupnya     
      * gula pasir secukupnya 
       
      Cara Membuat Udang Petai :    
      1. Panaskan 2 sdm minyak goreng di atas api sedang,       goreng udang hingga matang.    
      2. Panaskan 4 sdm minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih       hingga setengah layu. Masukkan cabai, tomat cincang, daun salam, garam,       dan gula pasir, lalu aduk hingga bumbu matang.    
      3. Masukan udang goreng dan petai, aduk rata. Angkat dan hidangkan.
       
       

7 Komentar | Kirim Komentar:

ucen said...

ini ni baru namanya temen gw...udah baik , smart, n pintar masak pula.mantabbbb!!!

Friska said...

boleh jg niy bubur sumsum nya..

Geafry Necolsen said...

@Ucen : haha kamu kan sering jadi korban incip2 beracun

@Friska: boleehh.. enak kuq, thanks ya dah mampir n coment :p tapi blogmu kuq ga kebuka ya?

narti said...

aduh aku kalah nih, jadi malu.

Gopex said...

Boleh di gan ane copy buat nambah menu-menu di pendakian gunung, uu'eenak tenannn...!! udang pete es kamer ditutup manisan, Nyozzz... dingin di ketinggian.

Geafry Necolsen said...

@narti: ga mungkin lah mbak.. resep2nya mbak jauh lebih bagus n lebih banyak.
@Gopex: tu di blognya mbak narti lebih banyak lho

Catatan said...

hmmm,,,enak2 semua..hehe...follow dea juga ya kak =)

Post a Comment

Terimakasih kunjungannya, silakan tinggalkan komentar atau pesan anda setelah membaca artikel ini