Various Articel

22 February 2011

Rencanakan pernikahan dengan Google For Weddings

Google baru saja meluncurkan website baru yang diberi nama Google For Weddings, yang waktunya bertepatan dengan hari valentine yang jatuh pada bulan februari ini. Google for weddings terdiri dari suite aplikasi Google seperti Google Docs, Google Sites, dan Picasa Web Album untuk membantu sepasang kekasih dalam merencanakan dan mempersiapkan hari besar mereka.
Google For Weddings
Portal perencanaan pernikahan dari Google ini menggabungkan template-template pernikahan yang ada di Google Docs untuk membantu mendapatkan pasangan yang akan menikah untuk mengelola anggaran, mengumpulkan kontak tamu, mengelola apa-apa yang harus dilakukan, perencanaan keseluruhan dan lain-lain.

Layaknya sumber daya di Google Docs yang menggunakan teknologi Cloud, tentunya hal ini menyederhanakan proses sharing dan kolaborasi. Akses untuk memperbarui sumber daya tersebut juga dapat dilakukan dari smartphone dan perangkat genggam lainnya. Selanjutnya, setiap template berisi tips bermanfaat yang tersedia dari acara perencana selebriti Michelle Rago dan blog pernikahan populer StyleMePretty.com untuk mempersiapkan pesta pernikahan dengan lancar.
Google for weddings terdiri dari 3 bagian utama: Berbagi, Perencanaan dan Kenangan membuat perencanaan pernikahan terorganisir dan lancar dengan memanfaatkan tools gratis dari Google.

Berbagi

Gunakan template dari Google Sites untuk membuat website yang disesuaikan untuk menyebarkan kisah cinta dan detil acara. Fungsi umum seperti pelacakan pemesanan, peta acara, penandaan kalender dan album foto juga dapat dibuat tanpa memerlukan keahlian teknis.
  1. Buka halaman http://www.google.com/weddings/sharing.html.
  2. Pilih tema situs pilihan Anda dan klik “Preview this design
  3. Klik tombol “Use this design” di jendela pratinjau jika sesuai tema sudah sesuau dengan preferensi Anda.
  4. Masukkan nama situs dan URL yang diinginkan. Lewati bagian pemilihan tema karena akan kembali ke halaman awal.
  5. Gunakan pengaturan “More Options” Pengaturan untuk konfigurasi lebih lanjut.
  6. Masukkan kode CAPTCHA dan klik untuk membuat situs.

Perencanaan

Menggunakan template Google Docs untuk membantu proses perencanaan.
  1. All-in-One Wedding Planner : Suatu tool yang sangat membantu untuk mengkonsolidasikan semua informasi dari penganggaran, kontak, to-do list dan sebagainya dalam satu spreadsheet.
  2. Address Book : Sebuah formulir online yang dapat dikirim melalui email atau dimasukkan ke blog / website untuk mengumpulkan informasi kontak para tamu Anda. Informasi yang terkirim ke dalam formulir ini tentu saja mudah ditemu-kembali menggunakan Google Docs.
  3. Guest List : Online spreadsheet dengan kolom yang telah ditetapkan untuk menyimpan rincian tamu undangan.
  4. Budget Planner : Anggaran merupakan salah satu komponen kunci dalam proses perencanaan pernikahan. Spreadsheet ini memberikan daftar lengkap item apa saja yang diperlukan bagi pasangan untuk mengelola anggaran yang tepat dan mencatat uang keluar masuk yang terjadi untuk setiap item.
  5. Seating Chart : Dengan mengisi nama para tamu, spreadsheet secara otomatis menghitung jumlah orang untuk setiap meja.
  6. Music List : Daftar musik yang direkomendasikan untuk pesta.
  7. To-do list

Kenangan

Memanfaatkan Picasa Web Albums dan Picnik untuk membuat album foto kenangan dan pengumuman pribadi.
  1. Pesonakan pengunjung Anda dengan menambahkan sentuhan akhir yang sempurna untuk keterlibatan manis Anda dan foto pernikahan dengan Picnik untuk membuat efek profesional berkualitas. Berbagai perbaikan dasar, efek dan gaya foto yang tersedia untuk meningkatkan warna foto, fokus yang lebih baik, tepi gelap/terang, dan lain-lain. Template Kolase Fancy dari Picnik memungkinkan pasangan untuk menciptakan penyimpanan tanggal, nomor meja dan kartu ucapan terima kasih.
  2. Setelah semua foto diproses, hasilnya dapat dibagikan kepada teman-teman dan keluarga dengan membuat album di Picasa Web Album.


Sumber: Agung P Wibowo

2 Komentar | Kirim Komentar:

hasi aulia said...

:a:

Anonymous said...

:D :p :) :( kalo yang beginian bisa

Post a Comment

Terimakasih kunjungannya, silakan tinggalkan komentar atau pesan anda setelah membaca artikel ini