Various Articel

03 April 2011

Bersih-bersih Laptop

Bersih-bersih rumah udah, cuci baju udah, cuci piring udah.. Ngapain lagi ya? Buat yang libur kerja hari sabtu dan minggu, yang ga punya kegiatan ga tau mesti ngapain. Mending bersih-bersih laptop.. Kali ini bukan cuma bersih-bersih file yang tersimpan di laptop. Kalau cuma bersih-bersih file di laptop aku yakin semua udah pada tau, tinggal pake software cleaner, defragment sampai menghapus file dalam folder Prefecth. Hari ini aku bersih-bersih laptopku sendiri.


Untuk sebagian orang, laptop merupakan barang berharga.. Ga heran laptop disayang-sayang sama pemiliknya. Di lap, di elus-elus bahkan dikeloni ditempat tidur hhe..


Seberapa besarpun kasih sayang kita sama laptop tetap aja laptop adalah barang rentan yang mudah rusak kalau ga dirawat baik-baik. Berbagai tools terinstall untuk menunjang perfoma laptop.
Mulai dari Antivirus, File Cleaner, Repair Tolls, Defragment Tools, Tune Up semua di install supaya laptop kesayangan bisa tetap berjalan baik dan stabil. Ok. Semua software sudah terpasang, Tapi bagaimana kalau kerusakan terjadi karena faktor eksternal? Misalnya debu.


Ini memang ga bisa dihindari, laptop sendiri memiliki sistem sirkulasi udara dengan menggunakan kipas angin DC (air cooler) untuk mendinginkan komponen-komponen penting seperti Processor dan Video Grafic Accelerator (VGA). Sistem pendingin udara ini bekerja dengan menghisap udara kedalam compartment laptop melewati komponen tertentu dan dihembuskan keluar.
Ketika udara keluar masuk itulah partikel debu yang tak kasat mata ikut masuk kedalam laptop, memasang filter udara memang bisa mengurangi debu yang masuk tapi tetap aja ada partikel debu yang lebih kecil terbawa dan akhirnya menumpuk di dalam laptop. Selain itu filter udara juga mengurangi daya hisap air cooler, jadi gimana donk?


Hari minggu ini ga ada kerjaan, jadi ada waktu buat bongkar laptop kesayanganku ini. Memang sedikit ribet dan beresiko tinggi. Makanya kalau ada yang mau praktek aku cuma pesan: Resiko Ditanggung Sendiri !!

Alat-alat yang dibutuhkan juga sederhana, cuma perlu obeng plus atau minus, tergantung bentuk sekrup umumnya obeng yang dipakai adalah plus sedangkan obeng minus digunakan untuk menyungkit. Ini ga serumit kelihatanya, cuma perlu ketelitian, kehati-hatian dan kesabaran untuk membongkar laptop.
 
Harus teliti, soalnya di laptop ini ada ratusan sekrup berukuran besar dan kecil, harus ingat penempatanya. berhati-hati sewaktu membersihkan karena di dalam laptop banyak resistor-resistor berukuran kecil dan juga kabel fleksibel yang rentan terhadap goresan dan mudah putus. Jadi bersihkan dengan hati-hati dengan kuas bersih dan lembut, jangan gunakan tisue apalagi lap basah.. Juga jangan nekat bersihkan laptop pakai compressor! Bisa tercabut keluar hardisknya!

Ga perlu pengetahuan elektronik dan teknik komputer untuk merakit komputer, aku sendiri ga punya background pendidikan di bidang komputer. Modal nekat aja belajar sendiri. Selain itu, merakit komputer atau laptop  memang ga sulit, semua plug and play seperti main puzzle ga mungkin bisa masuk kalau bukan pasanganya. Selamat mencoba! Do It With Your Own Risk !!




74 Komentar | Kirim Komentar:

TM Hendry said...

Resiko tanggung sendirinya ini yg bikin ga kuat...jihehehee...

Perawatan memang sangat penting,k-lo kita pengen lepy kita awet, biasanya saya sebulan sekali jg bongkar2, khusus untuk perawatan hardwarenya...

Hariyanti Sukma said...

Bersih-bersih rumah udah, cuci baju udah, cuci piring udah.... wow... suami yang hebat...!!! mau bantu urusan rumah, 2 jempol drku utkmu....heheheheh...

"Cuci Laptop" ... duh gak dech... gak berani... aku kan gaptek... mending cuci piring aja ah ....
kalo gitu nitip satu dech ya ..??

Aina said...

hooo....hebat ni Mas Geafry...
kalo saya sih mending langsung bawa ke "rumah sakit laptop" daripada bisa mbongkar tapi gak bisa masang kembali... haha...payah!!!

Geafry Necolsen said...

@Mr TM Dulu pernah baca artikel blog tetangga sebelah, ada pengunjungnya ngamuk2 setelah ngikuti tutorial yg punya blog komputernya jadi error. nah biar aku ga diamuk massa makanya resiko tanggung sendiri hhe..
@Hariyanti Sukma iyo.. biar mamanya bisa istirahat, biar baby-nya tambah kuat..

Geafry Necolsen said...

@Aina dulu pertama kali mbongkar laptop juga gitu..
bongkarnya 2 jam.. masangnya 5hari!!

Amy said...

wohoho... disayang banget ya laptopnya. dibersihin se dalem2nya ampe kinclong

niee said...

Waahh,,, klo aku gak berani deh bongkar laptop kayak gitu,, klo bongkar casing CPU mah sering, soalnya takut bisa bongkar gak bisa masang lagi, haahaha

narti said...

ga ikutan ah kalau bongkar kompi, ntar ga bisa masangnya, repot deh :)

sda said...

kalau aku ya klik cleaner aja yg bisa, hehe...

dee said...

bikin artikel join ma istri, istri yg moto gitu?

hmmm ganti background lagi
happy weekend :)

Gaphe said...

wahaha kalo saya nggak brani buka leptop begonoan.. soalnya terima bongkar tak terima pasang. hehehe..

emang leptop tuh jadi barang kesayangan banget, selama 4 tahun saya punya laptop awet-awet aja nih.. bisa buat ngapa-ngapain soalnya. termasuk alas setrika sama ganjel pintu. hahha..

selamat bersih-bersih Geaf!. tar kalo udah, punya saya nitip yaak

Yus Yulianto said...

Ya ampun, jadi suami rajin banget bang. Ampe nyuci piring segala :D.

Aah, saya ngga punya laptop. Tapi seandainya punya, parti bakal saya obrak abrik...

Penghuni 60 said...

wow, gak nyangka jago bongkar laptop ya...
kpn2 musti belajar nih... emang kebersihan itu penting kok...
asal ati2 aja jgn sampe salah masang :)

thnks ya, jika gak keberatan ambil aja awardnya utkmu...
saya akan senang sekali

Jeng Anna said...

busetttt dibongkar2 gitu, kalo saya blum punya nyali hahahhaah...takut malah rusakk

cus said...

sebenernya aku juga suka bersih2, tapi kalo laptop? hahaha, ngga deh. mending diserahin aja sama yang udah biasa. itung2 bagi2 rejeki. *ngeles* :p

cus said...

ga janji soal review, soalnya sebagian besar isinya udah disampein dengan jelas banget di kata pengantar yang ada di pamfletnya (yg akhirnya saya tulis ulang).

tapi kalau geafry berminat, ini ada video tentang proses hilde sama jan waktu mereka mendoumentasikan jugun ianfu. durasinya satu jam.

Because We Were Beautiful

hoedz said...

wah .. saya blom punya laptop .. jadi saya bookmark aja postingan ini ..
kalo bongkar PC sih gampang kang ...
debu emang penyakit yang seperti bom waktu .. kalo lama gak di atasi segera bakal merusak barang kesayangan kita ..

resiko tanggung sendiri ya .. hahahaha .. makasih tipsnya

ucen said...

mantabbb,q belum berani nyoba2 sendiri harus dibarengin kamu dulu liat2 carnya langsung di praktekan,good job ... lanjutkan dah bro!!!

Zippy said...

Waduw..kalo saya belum berani mas.
Ntar takutnya malah rusak laptop saya, wkwkwkkw...
Masih belum ada nyali :D

Unknown said...

kalo aku paling c cleaner aja. sama pake kuas khusus utk bersihkan keypadnya.

putri ayuningtyas said...

saya ngga berani bongkar laptop sampai begitu. takut malah berakhir beli laptop baru :P hehehe . kunjungan pertama , salam kenal :)

Unknown said...

asyik juga yaa bersih bersih alat canggih yang satu itu....

M. Hudatullah said...

main nekat? terus kalau rusak gimana? saya mah ga berani...

ataw mungkin saya bisa minta tolong sekalian laptop saya dibersihin? pye bang? hehehehehe

#ngarep

Coretan Hidup said...

Terus terang saja, kalau soal membersihkan atau memperbaiki laptop aku tidak berani. Masalahanya aku buta dengan hal2 semacam itu. Jadi mungkin kalau suatu waktu ada apa2 dgn laptop mungkin aku mengandalkan orang lain untuk memperbaikinya. Aku tahunya cuma makai saja. Ya gitu deh susahnya jadi orang gaptek seperti diriku ini :(

moonlite! said...

waooow hahaha keren banget bisa bongkar-bongkar gitu. saluuuuuuuuuuuuuut :D boleh dong bersihin laptopku. jangan-jangan nanti nemu receh di dalemnya :p

Rembulan Perak said...

waduuuuuuh mas hebat nih, kalo aku pasti ke tempat service. gak berani deeeh bisa-bisa gak nyala lagi lptop aku kalo di bongkar sendiri, setuju deh sama coretan hidup...

Unknown said...

salam sahabat
wah bersih bersih laptopnya sampai gitu mas hehehe jadi harus lebih teliti nich mas,terima kasih ya

miwwa said...

Saya gak berani bongkar pasang seperti itu :P
Gak bakat sepertinya.. Bongkarnya jago sih, masangnya lagi yang gak bisa haha..
Dulu waktu SD pernah bandel bongkar bongkar PS,setelah diobrak-abrik dalamnya dan dipasang(?) lagi itu PS malah gak bisa nyala lagi.. ;((

Mulyani Adini said...

Resiko diotanggung sediri karna kerusakan akan terjadi..hehehhe

Wahh kalau suami saya yang bongkar bisa2 gak balik lagi dengan utuh alias gak akan muncul gambar lagi di monitornya.

Sugito Kronjot said...

bersih-bersih pa bongkar2 Gan...

mbok yao klo mw bersih2 laptop di loundry aja gitu...???

:D

chocky said...

duh, saya mah hampir gak pernah bersih2 laptop bagian dalemnya... padahal ud berumur 4 taun lebih nih! :D paling mentok cuma bersih2 di layarnya doang.. hehehe...

attayaya-forex said...

wooooow...
ini bersih2 luar dalam
biar lancar jaya kembali

3sna said...

3 hari lalu saya juga bersihin laptop mas.. gile debunya banyak benerrrr... oh mau ngasi info, coba pake cyber clean gel, jamin jatuh cinta... debu yang gak kesampaian kuas soalnya jadi bersih pakai cyber clean gel... :)

dv said...

waduuhh klo laptop ga brani bongkar2 sampe ky gt,nti yg ada malah bisa bongkar ga bisa pasang :D

nyayu amibae said...

Aku dataaang....

hahaha... sudah di cekok oleh bos geafry tuk update baru deh berani muncul... :D

sori bos... ini aku sebetulnya setiap hari online, tapi ya begitu... onlinenya ngumpet.. paling2 berani update status di FB dan ngobrol via kotak komen di blog sahabat, hahahaha

Update posting blog, memang belum ada rencana nih kapan,,, kemarin2 akhir maret memang rada sibuk di kegiatan offline, tapi entah kenapa sampe dah awal april tetep males update.. keenakan libur kali ye.. hahahaha.... mohon doa nya semoga penyakit males ku ga tumbuh subur... :D

hmm.. nyambung soal bersih2 kompi, gubrak!!! aku sudah lupa tuh kapan terakhir aku bersihin laptop ku ini ya??? terima kasih sekali lagi diingatkan, btw boleh pinjan vaccum cleaner nya ga, aku lupa nih.. letak di mana ya??? maklum abis pindahan kost januari kemarin ga tau lg pada kemana... halaah,,, kok aku ga beres bener ya... kaburrrr!!!!!!

Ajeng Sari Rahayu said...

keren!
berani banget bongkar-pasang laptop gitu ih, pengen juga deh. laptop aja nggak punya, doeng!

Gef, kalo misalnya nih. Kita make laptop sambil di charge apa itu memungkinkan laptop cepet rusak juga selain kedebuan??

Geafry Necolsen said...

To all: aku bales ke rumah masing2 aja ya..
@nyayu amibae huh.. antara hiatus dan ga ya? buruan donk di update

Geafry Necolsen said...

@Ajeng Sari Rahayu namanya lazzy efect.. baterai jadi overload, muatan terus menerus lama2 IC Powernya jadi jebol.. baterai cepat habis. tapi jangan juga nyalain laptop ga pake baterai (langsung pake adaptor) efeknya sama. IC Power nganggap arus yang masuk langsung lewat charger itu power defaultnya pas balik lagi pake baterai, baterai ga sanggup lagi ngasi suplai power yang sama seperti waktu pake charger. CMIW

Ajeng Sari Rahayu said...

Hmmm, info menarik.
oke, kalo punya laptop. aku rawat deh :D

thanks ya.

B.S.U. said...

Ihirrr

niku said...

belum punya laptop sodara :D
tp rasanya kalo punya pun ga bakal berani, hehe :p

Anonymous said...

wah kalau aku belum tuh..heheh
salam persahabatan

TUKANG CoLoNG said...

bisa nih kalo kamu buka jasa pembersihan laprop. >:)

ESSIP said...

saya enggak punya laptop brade.. jadi bersih-bersih kamar aja deh hehehe

Irly said...

Ampuuunn...gag berani saya!waktu ngutak-atik dispenser dirumah aja mantranya "kalo rusak beli baru" tapi kalo leppie saya gag berani.hehe

Neo said...

Kunjungan perdana gan

Afrilita Pandan Dici said...

resiko tinggi tuh bagi yang gak biasa sama hardware laptop..

saya mah belum berani,,beraninya sama PC aja..hehehehehe
takutnya salah masangnya..
bongkarnya bisa masangnya lagi yang binggung

Irma Senja said...

setelah dibongkar jgn lupa dipasang lagi ya :)

selamat pagi sobat, trima ksh kunjungannya ke rmh virtualku...salam kenal ya :)

joe said...

gak berani bongkar sendiri bro, takut gak bisa balikin ...

Ninda Rahadi said...

liburannya bantu2 istri juga ngga bang?:D

TUKANG CoLoNG said...

berkunjung nih gan. :D

moonlite! said...

update doooong :D

exort said...

mau ga ngebersiin laptop gw :D

[L]ain said...

gua masih rada ngeri klo musti bongkar lappy gitu.
Ngeri klo ada yang salah pas masang baliknya ato gimana.

moenas said...

mampir k4 tetangga sebelah xixixi...

Blog Keluarga - Laptop Murah untuk Guru said...

Wah... gak berani deh ambil resiko sendiri kao begini....

moonlite! said...

kunjungan pertama bersama trip on indonesia. mampir yuk ☺

Yus Yulianto said...

wew, kemana aja bang?. ngga update-update niih...

TUKANG CoLoNG said...

kiraen udah ada postingan baru soalnya udah sempet komen di separonyolong. wah lagi sibuk apa nih bang?

Damar said...

assalamu'alaikum Kang,
wah kalo saya ndak berani mbuka laptop, takutnya ndak bisa ngembalikan lagi. Kalo PC mah gampang bongkarnya bahkan saya rutin 2 bulan sekali CPU saya bawa ke bengkel motor minta tolong disemprot pake angin jadinya bersih dari debu.
maaf Kang baru mampir soalnya hampir 14 hari tidak OL

Moon Lie said...

Hoaa gak berani aku bongkar bongkar gitu! Bisa gak nyatu lagi ^^
aku perbarui follow, url habis kuganti

MJ said...

Wah, mesti hati-hati ya posting di blog. mungkin dibawahnya harus selalu dibuat slogan "resiko ditanggung sendiri" gitu ya,, ternyata pernah ada yg ngamuk2 gara2 salah tutorial blog... seremm--" :psalam kenal mas.. :)

Panggil aku Nova... said...

Mane postingan baruwnya??
Sekarang, aku yg nagih-nagih post baru dong..
Hehehe :))

cus said...

geafry, mana posting barunya? *bawa pentungan hansip*

Rin said...

Ga mau ikut2 mbersihin laptop aaah, ngeri klo salah. hihihi. *elus-elus si Lappy*

Ustad Virtual said...

wah perlu dicoba tapi resikonya berat mas

Rose said...

wah rumit yooooooooo, g berani..hahhaha

cho said...

geafry, serius nih, sampai kapan mau bersih2 laptop? :)

Unknown said...

waah ga berani ah bersih2 leptop sendiri.. tolong bersihin leptopku donk.. hehe

W i e d e s i g n a r c h said...

waw.... aku baru tahu,,,, tidak hanya PC yang bisa dibersih2kan.... ^_^

ide dan ilustrasi yang lengkap banget,,,, seru juga.. tapi aku tak punya notebook T_T

r10 said...

saya mana berani bongkar laptop, nanti bisa bongkar ga bisa masang he he

Outbound Training Malang said...

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

Info Lowongan Pekerjaan said...

Selama ini belum pernah nyoba bersihin bagian dalem laptop, juga jantungnya belum kuat mengoprek casing plastik laptop yang keliatannya ringkih sekali..

Operator Body Rafting Guha Bau Green Canyon said...

Semoga Informasinya bermanfaat.

Post a Comment

Terimakasih kunjungannya, silakan tinggalkan komentar atau pesan anda setelah membaca artikel ini