Various Articel

12 July 2015

Asal Usul Nama Pulau Derawan

 Setiap daerah pasti punya sejarah, terutama nama-nama kawasan tertentu. Demikian pula dengan nama-nama pulau di Kabupaten Berau. Sebagian nama-nama pulau itu kini tak lagi asing di telinga. Meski mungkin banyak orang yang belum pernah singgah ke Pulau Derawan, Semama, Maratua, Sangalaki, Kakaban yang ada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, namun mereka sudah pernah mendengar namanya. Apalagi nama Pulau Derawan. 

Penamaan sebuah tempat biasanya berdasarkan ciri-ciri tertentu, atau peristiwa besar yang pernah terjadi, bisa juga dari nama seorang tokoh yang terkenal. Tapi tidak jarang, nama-nama itu diperoleh dari mitos warga setempat.

GEAFRY NECOLSEN


NAMA Pulau Derawan sendiri berasal dari sebuah mitos romantis, tidak jelas siapa yang yang pertamakali mengisahkan kisah sedih itu, tapi pertamakali saya mendengar kisah ini dari Ahmad Rifai yang saat itu menjabat sebagai wakil Bupati Berau. Meski selalu memasang wajah serius, Ahmad Rifai tak jarang melontarkan humor atau kisah-kisah menarik lainnya untuk menghindari ketegangan dalam rapat-rapat yang dipimpinnya.

Dalam sebuah acara kedinasan bertema wisata, Rifai pernah bercerita tentang asal-usul nama Pulau Derawan. Meski ada beberapa baris cerita yang sama tentang sejarah nama Pulau Derawan, namun saat searching di internet, anda tidak akan menemukan kisah selengkap versi Ahmad Rifai. Kalau tidak salah, cerita ini disampaikannya pada tahun 2012 lalu.

“Dulu, ada dua keluarga yang akan melangsungkan pernikahan di Pulau Panjang,” kata Rifai mengawali kisah itu. Bak seorang pendongeng, Rifai sesekali mengangkat tangannya untuk memperagakan bagaimana sebuah keluarga berkumpul sebelum berlayar menuju Pulau Panjang. 

“Semua anggota keluarga dikumpulkan, kapal disiapkan, layar dinaikkan,” ujarnya seraya menggerakan tangan seperti orang sedang menarik tali ke bawah.

Pasangan yang akan menikah itu tinggal di pulau berbeda, namun mereka sepakat untuk melangsungkan pernikan di Pulau Panjang. “Jadi keluarga laki-laki bersama ibunya bersiap-siap berangkat, demikian juga keluarga mempelai wanita mengajak ibu dan kakak lelakinya sebagai wali nikah,” kata Rifai dengan wajah serius.

Di tengah perjalanan yang maha luas mereka bertemu di suatu jalur. Namun tak lama setelah itu, angin kecang dan ombak besar mengombang-ambingkan kapal. “Yang di atas kapal ini berteriak-teriak ketakutan,” katanya lagi. Ombak yang tinggi dan angin kencang itu akhirnya mendorong kapal-kapal itu ke sebuah karang.

“Kapalnya pecah, penumpangnya tenggelam. Anak perawan yang mau menikah tadi, akhirnya menjadi Pulau Derawan (perawan), ibunya berubah menjadi Pulau Semama (mama) dan kakaknya berubah menjadi Pulau Kakaban (kakak),” tuturnya.

Seluruh anggota keluarga itu pun berubah menjadi pulau, termasuk calon mempelai pria yang berubah menjadi Pulau Sangalaki (laki-laki), sementara calon mertua mempelai wanita dalam kisah tadi menjadi Pulau Maratua (Mertua). “Tapi itu hanya cerita masyarakat saja, kita tahu pulau itu terbentuk dari peristiwa geologis ribuan atau jutaan tahun lalu,” kata Rifai mengakhiri cerita itu.

Saya cukup beruntung, karena saya bisa mengunjungi semua pulau yang ada dalam kisah itu, kecuali Pulau Panjang. Tidak ada yang bersedia mengantar saya ke pulau itu, karena menurut warga, pulau itu kelewat angker.

Dari Pulau Derawan ke Pulau Semama, dilanjutkan ke Pulau Sangalaki, Kakaban dan tujuan terakhir saya ke Pulau Maratua, pulau favorit saya. Tanpa mengesampingkan keindahan Pulau Derawan dan pulau-pulau lain di sekitarnya, saya menjadikan pulau ini sebagai pulau favorit karena di pulau ini, air lautnya jernih, cukup luas dan tenang dan yang terpenting, ada penghuninya, dari lima pulau yang saya kunjungi, hanya Pulau Derawan dan Maratua yang terdapat perkampungan penduduk.

Pulau ini ibarat surga yang diwariskan oleh ibu mertua dalam cerita di atas. Salah seorang turis asing bernama William mengaku sangat terpesona dengan pulau yang berbatasan langsung dengan perairan Filipina dan Malaysia ini. “Saya pernah berkunjung ke Bali, tapi Bali tak bisa dibandingkan dengan pulau ini,” kata William yang berasal dari Oregon, Amerika Serikat ini. “Kupikir aku akan menjadikan pulau ini sebagai pulau favoritku,” ujarnya.

William pun sempat bertanya, dari mana asal usul nama pulau yang menurutnya eksotis untuk diucapkan oleh orang barat. Dengan bahasa inggris yang pas-pasan, saya hanya mengatakan nama pulau ini memiliki arti ‘mertua’. “It’s a lovely name for an island,” ujarnya dengan nada yang aneh dan sambil tertawa, seolah tak percaya jika pulau ini diberi nama ‘ibu mertua’.

70 Komentar | Kirim Komentar:

Stock Photos said...

Berarti manggil ibu mertua bisa jadi Ibu derawan ya bang... hehehe...

Mila Said said...

oooow begitu toh ceritanya, menarik banget pulaunya satu keluarga. kapan2 kalo ada waktu main ke derawan udah tau deh cerita asal usul namanya hehee

Unknown said...

infonya very useful for us, thank you for the info you always hope in the mercy of Allah. :)

OBAT MIOM AMPUH
OBAT PANU PALING AMPUH DI APOTIK

Unknown said...

Saya benar-benar menikmati tema / desain website Anda. senang berkunjung kemari
OBAT HERBAL RADANG GUSI

OBAT HERBAL KUTIL KELAMIN

OBAT HERBAL BATUK BERDARAH

OBAT HERBAL UNTUK SCABIES

OBAT HERBAL BATU GINJAL

OBAT HERBAL DARAH KENTAL

OBAT HERBAL KENCING BERDARAH

Unknown said...

kesan pertama yang mengesankan dari saya senang bisa berkunjung kemari visit juga my blog
OBAT HERBAL ALAMI

OBAT HERBAL RADANG PANGGUL

OBAT HERBAL DARAH KENTAL

Sofi Rahmawati said...

Bahaya Varises Pada Kaki
cara agar perut tidak cepat lapar
Obat Paru Paru Lemah
obat infeksi radang panggul
obat pengapuran tulang belakang
Ada Benjolan Di Mulut Rahim, Bahayakah?
pengobatan stroke sebelah kanan
Gejala Infeksi Luka Dan Cara Mengobatinya
Cara mengobati benjolan di belakang telinga

herbal dbd said...

nice post agan kami dari pusat herbal zahra melayani pemesanan obat herbal ke seluruh indonesia

Unknown said...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata dengan sejumlah wisata yang menarik. Sangat bermanfaat untuk dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

Suplemen Kecantikan Tubuh Dan Wajah Secara Alami Yang Ampuh said...

thank you nice and interesting information , may be useful :)

Cara Terbaik Merawat Tubuh Secara Alami said...

infonya sangat bagus, terimakasih :)

Obat Pemutih Badan Dan Wajah Yang Permanen said...

Obat Pemutih Badan Dan Wajah Yang Permanen

Obat Herbal Kelenjar Getah Bening said...


dank u, zeer goede informatie

LUTVIE hannien said...

thanks for sharing gan
send regards for success

Johan said...


Nice Info

Unknown said...

@Marcellina Yoanita saya pasti mampir

Unknown said...

Субҳ ба хайр .. мо фурӯшандагон тибби табиӣ ва анъанавии фитотерапия аст, ки хеле маъруф ва бузургтарин дар Индонезия мебошанд,
obat miom

Obat Herbal Gastritis Akut said...

Terimakasih ats info yang telah dibrikan

Inilah Obat Yang Ampuh Mengobati Asam Lambung Naik said...

Terimakasih ats info yang telah dibrikan, tentunya hal ini akan bermanfaat bagi kami semuanya. thanks

Cara Menyuburkan Kandungan Agar Cepat Hamil said...

Terimakasih ats info yang telah dibrikan, tentunya hal ini akan bermanfaat bagi kami semuanya,
pastinya semua ini akan kami pelajar dengan baik, teruslah berkarya demi bangsa

Obat Herbal Mempercepat Kehamilan said...

Terimakasih ats info yang telah dibrikan, tentunya hal ini akan bermanfaat bagi kami semuanya,
pastinya kami akan mempelajarinya

Anonymous said...

እኛ ይሰጠዋል ዘር ሙሉ በሙሉ በሽታ ለመፈወስ የሚያስችል መድኃኒት በመጠቀም, የተለያዩ የጤና ችግሮችን ለማከም መድሃኒቶች ይሰጣሉ.

Obat Epilepsi
Obat Jantung Bocor Anak
Obat Lipoma
Obat Gerd
Obat Herbal Alami

cara mengobati penyakit secara alami said...

terimakasih atas informasinya salam sehat dari toko zahra herbal..
ditunggu kunjungan baliknya

Anonymous said...

Lebih baik digigit oleh seorang sahabat daripada dicium oleh seorang musuh.

Obat GERD
Obat Ampuh Untuk GERD
Obat Epilepsi
Obat Herbal Lipoma
Obat Jantung Anak Bocor

Joshua Gunawam said...

Artikel yang bagus salut untuk anda, beginilah cara untuk menjadi distributor gamat luxor cara menjadi distributor jeli gamat luxor dengan menjadi member anda berhak mendapatkan harga member dan distributor yang terbaik lihat detailnya jaga senantiasa kesehatan anda dengan Cara meningkatkan fungsi ginjal agar tidak cuci darah , obat infeksi radang usus , gejala dan pengobatan klep jantung bocor , pengobatan penyakit infeksi paru-paru terbaik ,thanks.

Obat Dispepsia Akut said...

Terimakasih atas semua informasinya semoga bermanfaat untuk kita semua para pembaca, dan semoga kita selalu diberi kesehatan dalam menjalankan aktifitas setiap harinya

sobariherballuxor said...

Bila saat ini anda mengalami gejala maag asam lambung dan Pengobatan Penyakit Maag Secara alami tradisional lihat laman terkait info ternkini silahkan obat sakit maag info terkini Untuk anda yang ingin mengetahui gejala asam lambung dan pengobatan penyakit maag secara alternatif alami obat sakit maag yang bagus yang aman tanpa efek samping info terkini silahkan kunjungi website Sakit Kista ovarium ada alternatif pengobatanya obat kista ovarium alami banyak pilihan metode yang dipakai untuk obatnya silahkan lihat artikel lengkapnya

gamatpalembang said...

Temukan panduan tepat cara mengobati dengan herbal penyakit hepatitis dan gangguan fungsi liver yaitu pengobatan herbal penyakit hepatitis yang tepat termasuk menekan tingginya kadar SGPT dan SGOT dengan kombinasi bahan ramuan herbal alami untuk keterangangan lengkap silahkan visit website

nunung fitri said...

The information is interesting and very useful for us. And we want to ask permission to save the link about health
Obat Syok Kardiogenik Herbal Terbaik
Cara alami mengatasi Syok Kardiogenik
Obat Herbal Miom Dan Kista
May Be Useful

Unknown said...

Whoah dieses Weblog ist ausgezeichnet, OBAT PELANCAR HAIDich liebe es, Ihre Artikel zu studieren.Bleib auf der guten Arbeit! Sie erkennen,OBAT UNTUK PROMIL viele Leute suchen nach dieser Info,Sie können ihnen sehr helfen.OBAT MENOPAUSE DINI
OBAT JANTUNG BOCORvvvvvvvvvvvv

VickiMcFadden said...

aadhar card link hai ya nahi

JESSICA JANE said...

If you have a history of illness that is difficult to recover, maybe our next article will help you to recover

Inilah Perawatan pada Penderita Osteoporosis
Cara Menghilangka Penyakit Kulit Ayam
Obat Alami Untuk Menghilangkan Brutusan

ирина каменская said...

Great casino, ever game casino online you can safely put the top ten, with the new year already playing. At first I didn’t enter the topic as it is not hung with all sorts of bells and whistles I used to, but over time you realize that only good gaming games, bonuses and timely payments are needed in the casino, everything else interferes and distracts.

GK in Hindi said...

Budget in Hindi

IMPS in Hindi

Nifty in Hindi

IFSC in Hindi

PAN Card in Hindi

Mutual Fund in Hindi

KYC in Hindi

Commercial Bank in Hindi

Central Bank in Hindi

MLM Network Marketing in Hindi

Unknown said...

Permen Soloco Coklat Obat kuat Tahan Lama Permanen Paling Manjur
8 Tips Memuaskan Wanita Saat Bercinta Dengan Nyaman Di Ranjang

6 Obat herbal alami pembesar alat vital pria paling TOP

5 penyebab stamina pria menurun saat puasa dan cara mengatasinya
6 buah - buahan alami penambah stamina pria dewasa saat puasa

pusat obat herbal said...

terimakasih
https://www.portharcourtworldbookcapital.org/2019/06/28/obat-herbal-penyubur-sperma/

Amelia Puspasari said...

cara mengobati oligozoospermia


cara mengobati Oligozoospermia


Tips diet dan latihan untuk menurunkan berat badan


Tips Diet


Nasihat Menurunkan berat badan


Cara menurunkan berat badan


pelajari menurunkan berat badan


pelajari menurunkan berat badan

halimatusima said...

Thanks Information
cara mengatasi ejakulasi dini permanen
cara mengatasi ejakulasi dini permanen dan ampuh
Perawatan Pernapasan penting
Cara alami membersihkan paru paru
apa saja tanda tanda saluran infeksi
Bagaimana Cara mengobati pilek
Mengapa saya kedinginan tanpa demam
Cara berhenti menggigil
Apa itu Antibiotik

aj said...

Snapdeal Winner List to here an Offer where you can win the prize by just playing a game & win prizes.Here the different Snapdeal prize list avaliable check the details : Snapdeal winner list ,Snapdeal winner name,Snapdeal lucky draw.

Rahul patil said...

pubg game success story click here

PINKS TEA said...

thanks for sharing

Snapdealluckydraw said...


Snapdeal lucky winner 2020 | Snapdeal winner 2020 | Snapdeal Winner List 2020 Welcome To Snapdeal Lucky Draw Contest You Have a best Chance To be a Snapdeal winner with Free Of Cost Just Check your Lottery Status Here.

snapdeal winner prizes 2020
Snapdeal winner 2020
Snapdeal lucky Draw 2020
Check your Lucky Draw prizes here

Anonymous said...

Nice article, keep sharing
Gitlab
Hogarmania
Cnews

dkumar said...

hank you for sharing the weblog data BSNL sim ka number.

apna number kaise pata kare said...

apana number kaise pata kare

mobile App Permission kya hai said...

mobile App Permission kya hai

aaiyesikhe said...

hank you for sharing

African Tree Toad said...

African Tree Toad के बारे में रोचक तथ्य और तस्वीर

meenasite said...

meenasite.com

makehindi said...

visit my blog

kyahaikaise said...

hank you for sharing the weblog data

Indified said...

Very well explained. Thanks for sharing. Also check: Upstox

vé máy bay từ canada về Việt Nam said...

Aivivu - đại lý chuyên vé máy bay trong nước và quốc tế

ve may bay tu han quoc ve viet nam

vé máy bay hải phòng đi hồ chí minh

vé máy bay đi hà nội bamboo

vé máy bay đi Huế khứ hồi

hà nội quy nhơn

TECHIE HINDI said...

Amazing Content. Thanks for the Information

www.shapemegood.in said...

Wow I'm bookmarking your blog

https://www.shapemegood.in/2020/11/how-to-do-basic-fundamental-analysis-of.html said...

Good place for vacation

Umang said...

Dream place to go

Finence said...

etharkkum Thunindhavan

Arpit gupta said...

Wow It's really nice

Shamshera Movie


Rocketry Movie

Anonymous said...

yurtdışı kargo
lisans satın al
en son çıkan perde modelleri
en son çıkan perde modelleri
minecraft premium
uc satın al
nft nasıl alınır
özel ambulans

Aabid said...

Thanks a lot
fishing snatch.com

social Network said...

Kya Aap bhi ghar baithe paisa game khelke kamana chahte hai Zupee Gold App Jane kaise

social Network said...

Kya Aapko bhi Teen Patti game khelke paisa kamana hai paisa kamane wala Teen Patti game Jane Puri Jaankaari

numara onay said...

Congratulations on your article, it was very helpful and successful. 66a14b2cd42e327c67e202dff585daf5
sms onay
website kurma
website kurma

define dedektörü said...

Thank you for your explanation, very good content. 8e593e1aa185c770578a909f22f782c5
altın dedektörü

mrbahis said...

Good content. You write beautiful things.
mrbahis
hacklink
taksi
korsan taksi
vbet
hacklink
sportsbet
sportsbet
vbet

bonus veren siteler said...

Good text Write good content success. Thank you
kralbet
kibris bahis siteleri
poker siteleri
tipobet
mobil ödeme bahis
betpark
slot siteleri
betmatik

JAGOSLOT88 said...

I really like your blog. very nice colors & theme Please answer back as I’m looking to create my own blog and would like to find out where u got this from.

Situs Slot Tergacor Hari Ini

JAGOSLOT88 said...

I liked this blog post. It was inspiring. Keep on posting! Thank you so much.

Visit My web blog: slot terpercaya terbaru

mustafa said...

kütahya
nevşehir
erzincan
adana
bartın

041G3

Nurten said...

yurtdışı kargo
resimli magnet
instagram takipçi satın al
yurtdışı kargo
sms onay
dijital kartvizit
dijital kartvizit
https://nobetci-eczane.org/
LSDE2

Post a Comment

Terimakasih kunjungannya, silakan tinggalkan komentar atau pesan anda setelah membaca artikel ini